Trik Aman Berbelanja Online - Saat ini berbelanja tak perlu langsung datang ke tempat-tempat perbelanjaan, cukup melakukannya dari rumah melalui via online. Saat ini banyak sekali situs-situs belanja online yang ada, mulai dari situs belanja lokal hingga luar negeri yang menawarkan berbagai barang barang yang dibutuhkan.
Trik Aman Berbelanja Online
Trik Aman Berbelanja Online 

Berbelanja online tidak hanya mudah dilakukan, namun membeli barang secara online juga dapat membuat Anda mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko-toko konvensional lainnya. Namun tetap saja membeli barang secara online juga perlu diperhatikan. Nah berikut ini ada beberapa trik aman berbelanja online yang dapat Anda lakukan:

1. Cek Kredibilitas Toko atau Situs Online


Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kredibilitas dari toko atau situs online yang digunakan. Saat ini banyak situs-situs online yang terpercaya dan memudahkan Anda dalam bertranskaksi. Sistem pembayarannya pun juga menghindarkan dari risiko mengalami penipuan dalam berbelanja.

Namun jika membeli melalui toko-toko online, Anda harus memastikan lebih lanjut terkait alamat serta nomor kontak pada toko online tersebut. Jangan lupa untuk mencari testimoni maupun ulasan dari konsumen yang sudah pernah membeli produk-produk dari toko online tersebut sebelumnya.

2. Perhatikan Spesifikasi Produk

Jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi produk yang Anda beli. Membeli barang secara online membuat Anda tidak dapat melihat barang tersebut secara langsung. Jika hanya melihat dari gambar saja, banyak toko-toko online yang tidak memberikan gambar asli dari produk tersebut. Sehingga mau tidak mau harus mengecek spesifikasi barang tersebut dengan teliti.

3. Jangan Tergoda dengan Barang Murah

Berbelanja via online memang akan membuat Anda mendapatkan barang-barang dengan harga yang lebih murah. Namun jangan terburu-buru membeli barang dengan harga yang terlampau murah, apalagi jika jauh dari harga pasaran. Termasuk dengan barang-barang yang bermerk dengan potongan harga yang lebih besar serta tidak masuk akal. Bisa jadi iming-iming harga murah ini hanya menjadi jebakan agar dapat mengelabui konsumen yang ada. Sehingga perhatikan kembali saat akan membeli barang-barang via online

4. Kartu Kredit atau Debit


Bertransaksi via online memang paling aman dan nyaman ketika menggunakan kartu, baik itu debit maupun kredit. Namun meskipun begitu akan lebih aman lagi jika menggunakan kartu kredit jika dibandingkan dengan kartu debit. Mengapa? Hal ini karena dengan kartu kredit Anda bisa membatalkan transaksi jika barang yang dibeli tidak kunjung sampai ataupun tidak sesuai dengan pesanan.

Selain itu, kartu kredit adalah ekstensi dari kredit, sedangkan jika menggunakan kartu debit maka berarti mengambil uang langsung dari rekening bank Anda. Tentu saja hal ini sangat berisiko karena jika informasi tersebut bocor maka membuat hacker dapat mengacaukan keuangan dengan mudah.

5. Simpan Password Dengan Baik


Banyak situs-situs online yang mewajibkan penggunanya untuk log in sebelum akan melakukan transaksi dengan memasukkan username serta password dari akun. Untuk itu akan lebih baik jika membuat password akun yang cukup sulit dan hanya Anda saja yang mengetahuinya. Jangan menunjukkan pada orang lain untuk mengantisipasi risiko-risiko yang tidak diinginkan terjadi.

6. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi


Saat melakukan pembelian online biasanya akan diminta untuk mengisi beberapa data, mulai dari nama, alamat untuk tujuan pengiriman. Namun seringkali toko-toko online akan berusaha untuk mendapatkan informasi lebih yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Sehingga jangan pernah memberikan jawaban yang dirasa mencurigakan.

7. Simpan Bukti Transaksi

Jangan lupa untuk menyimpan segala bukti-bukti transaksi yang Anda lakukan. Mulai dari deskripsi produk, harga barang, kuintansi digital, salinan email antara penjual dengan Anda, serta hal-hal lain yang terkait dengan bukti transaksi yang dilakukan.

Teliti Dahulu Sebelum Membeli

Karena berbelanja secara online bukan berbelanja yang dilakukan secara langsung, maka penting untuk meneliti lebih lanjut sebelum membeli. Pastikan jika sudah melihat dengan detail deskripsi produk, harga barang, hingga testimoni dari konsumen-konsumen sebelumnya sehingga terhindar dari risiko penipuan yang bisa terjadi.
Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: